Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Kamis, 15 Mei 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Fakta Lucu Konsumsi Daun Kemangi (Ocimum sanctum) yang Berlebihan

Daun kemangi adalah daun yang sangat familiar di kehidupan kita sehari-hari. Daun kemangi atau yang dalam bahasa latin disebut Ocimum sanctum sering kita jumpai sebagai lalapan menemani mentimun dan kubis. Daun kemangi termasuk dalam famili Lamiaceae yang memiliki aroma daun yang khas seperti limau dan rasanya agak pahit. Daun kemangi biasanya juga sering ditambahkan jika membuat pepes. Tanaman ini  berbentuk perdu dan mudah dijumpai tumbuh di pagar-pagar, pinggir jalan, kebun-kebun maupun di lapangan. Daun kemangi mengandung senyawa flavonoid, polifenol, tanin, steroid,eugenol, cineole, myrcene, triptofan dan minyakatsiri. Daun ini banyak memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, ini tidak lepas karena pengaruh kandungan senyawa yang terdapat pada daun kemangi.





1. Sebagai Antiinflamasi, daun kemangi dapat meredakan radang sendi. Daun kemangi sumber kalsium yang baik untuk mencegah osteoporosis


2. Mencegah Keputihan, kandungan eugenol yang terdapat pada daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.


3. Menunda Menopause, kandungan triptofan dalam daun kemangi dapat menunda terjadinya menopause, jadi seringlah konsumsi daun kemangi.


4. Mencegah Batuk, di India, Thailand, dan Afrika daun kemangi sering disajikan dengan diseduh menjadi teh. Biasanya teh daun kemangi disajikan pada saat pergantian musim karena banyak orang yang terserang pilek, batuk maupun demam.


5. Menghilangkan bau badan dan bau mulut, daun kemangi dipercaya dapat menyegarkan bau mulut dengan cara mengunyah atau dimakan sebagai lalap.


6. Sebagai Antiradang, kandungan cineole, myrcene, dan eugenol dalam daun kemangi merupakan antibiotik alami  yang dapat mencegah peradangan.

Nah setelah mengulas tentang Khasiat daun kemangi tahukah anda ternyata ada fakta lucu mengenai daun kemangi ???

Ternyata jika konsumsi daun kemangi yang berlebihan dapat menyebabkan kita sering mengeluarkan bunyi dengan aroma yang tidak bersahabat alias kentut. Hal ini disebabkan karena daun kemangi sulit dicerna secara sempurna oleh usus sehingga lebih banyak menghasilkan gas. Apakah anda pernah mengalaminya? Silahkan mencoba,hehe.

Semoga artikel mengenai khasiat daun kemangi ini dapat bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Fakta Lucu Konsumsi Daun Kemangi (Ocimum sanctum) yang Berlebihan