Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Selasa, 30 Juni 2015

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami - Diabetes atau sering disebut gula, merupakan sebuah penyakit yang muncul disebabkan karena sensitivitas hormon insulin mengalami gangguan, atau dengan kata lain insulin mengalami resistensi.
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami
Ada banyak sekali tanaman obat herbal yang berguna sebagai antidiabetes. Dikatakan antidiabetes, karena tanaman-tanaman herbal tersebut mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam memecah glukosa. Berikut kami informasikan 10 tanaman antidiabetes yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami

1. Jahe
Tanaman herbal antidiebetes yang pertama adalah jahe. Jahe dikenal sebagai rempah alami yang mampu menghangatkan tubuh dikala cuaca sedang dingin. Selain mampu menghangatkan tubuh, konsumsi jahe secara rutin juga akan sangat baik untuk diabetes Anda. karena dalam jahe menyimpan beragam senyawa yang baik untuk menurunkan gula darah.

2. Cengkeh
Selanjutnya adalah cengkeh. Tanaman herbal satu ini dikenal sebagai bahan rempah masakan. Dengan menggunakan cengkeh maka masakana akan semakin nikmat dan aromanya menggoda. Selain bermanfaat untuk masakan, cengkeh juga memiliki sifat antidiebetes.

3. Akar pepaya gantung
Jika buah pepaya merupakan sumber serat tinggi, namun untuk akarnya Anda bisa memanfaatkan sebagai obat antidiabetes alami. caranya cukup bersihkan akar gantung dan haluskan, kemudian rebus halusan tersebut dan konsumsi air rebusannya.

4. Kulit manggis
Manggis merupakan tanaman dengan kandungan antioksidan berupa xanthone yang cukup tinggi. selain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, kulit manggis juga berkhasiat sebagai antidiebetes.

5. Tanaman brotowali
Menurut sebuah studi penelitian, tanaman brotowali mengandung senyawa aktif bernama tinokrisposid, dimana senyawa ini sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar glukosa/gula dalam darah.

6. Pare/paria
Sama dengan brotowali, pare atau paria ini juga memiliki rasa yang cukup pahit. Namun meski pahit, pare mengandung beragam senyawa yang mampu menetralisir gula berlebih dalam tubuh, sehingga pare bisa dikatakan sebagai tanaman antidiabetes alami.
7. Daun sirih
Tanaman-tanaman jenis merambat seperti salah satunya sirih mengandung senyawa asam gymnemik. Kandungan inilah yang mampu menurunkan dan menyeimbangkan gula dalam darah agar tetap pada angka yang ideal.

8. Daun sambiloto
Tidak hanya berperan sebagai obat diabetes dan antidiabetes saja, tetapi daun sambiloto juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengoptimalkan peredaran darah dengan kandungan flavonoidnya.

9. Tapak dara
Tapak dara juga bisa dikatakan sebagai tanaman obat antidiebetes, karena tanaman ini mengandung senyawa alkaloid yang sejatinya berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

10. Tanaman kumis kucing
Tepat pada daunnya, kumis kucing mengandung senyawa bernama saponin. Diketahui menurut para peneliti saponin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pankreas dalam memecah glukosa atau gula dalam darah lebih maksimal.,

Itulah 10 tanaman yang berkhasiat sebagai antidiabetes alami. jika Anda memiliki penyakit gula atau diabetes, konsumsi herbal diatas secara rutin sesuai anjuran dokter atau ahli.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antidiabetes Alami