Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Minggu, 18 Mei 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Jahe (Zingiber officinale) Kurangi Rasa Mual Akibat Rokok

Sahabat pecinta tanaman obat herbal pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai kebiasaan buruk merokok. Merokok merupakan suatu kebiasaan yang buruk bagi kesehatan baik bagi perokok aktif maupun bagi perokok pasif yaitu orang yang secara tidak langsung terkena dampak dari asap rokok walaupun dia tidak merokok. Parahnya kebiasaan merokok ini sekarang sering berlanjut kepada generasi berikutnya yaitu anak-anak dan itupun karena alasan ikut-ikutan maupun sekedar coba-coba, namun hal yang paling dikhawatirkan yaitu timbulnya rasa candu atau kecanduan terhadap rokok, akibat zat nikotin yang terdapat pada rokok yang bisa mengakibatkan ketergantungan. Ketergantungan pada rokok ini yang menyebabkan perokok menjadi merasa  tidak bersemangat jika tidak merokok sehari saja.



Kadang jika seseorang mulai meninggalkan kebiasaan buruk merokok ini sering mengalami mual-mual akibat timbulnya reaksi penarikan karena dipicu oleh zat nikotin dalam tubuh. Nah salah satu tanaman obat herbal yang berkhasiat untuk menghilangkan mual-mual setelah berhenti merokok ini yaitu Jahe (Zingiber officinale). Tanaman yang termasuk dalam rempah-rempah atau dalam jawa empon-empon ini memiliki kandungan minyak atsiri zingiberena, zingberol, kurkumin, gingerol dan resin pahit. Selain Khasiat jahe untuk mengurangi rasa mual yang sering terjadi setelah berhenti dari kebiasaan merokok ini, Jahe juga berkhasiat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.



- Ambil 3-4 buah jahe lalu dicuci bersih, setelah itu jahe dijemur selama 1 hari,kemudian setelah dijemur jahe ditandaskan pada telenan lalu digeprek atau dipukul, masukkan jahe lalu diseduh, minum hasil seduhan jahe tersebut I hari sekali, dapat ditambah gula sesuai dengan selera anda.


Nah sahabat pecinta tanaman obat herbal semoga artikel mengenai Khasiat Jahe ini dapat bermanfaat. Bagi yang belum bisa menghilangkan kebiasaan buruk merokok setidaknya anda tidak merokok di tempat umum agar tidak ditiru oleh anak-anak dan tidak merugikan kesehatan orang lain.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Jahe (Zingiber officinale) Kurangi Rasa Mual Akibat Rokok