Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Kamis, 20 Agustus 2015

10 Tanaman yang Dapat Panen Sepanjang Musim

10 Tanaman yang Dapat Panen Sepanjang MusimJenis tanaman tahunan sangatlah cocok bagi kita yang ingin mendapatkan hasil panen tumbuhan tersebut tanpa menunggu musim tiba. Karena tanaman tahunan bisa kita panen kapan saja. Baik itu musim semi, musim gugur, musim panas, ataupun musim-musim lainnya.
10 Tanaman yang Dapat Panen Sepanjang Musim
10 Tanaman yang Dapat Panen Sepanjang Musim 
Sebenarnya di dunia ini ada banyak sekali tanaman tahunan. Namun terkadang banyak masyarakat yang belum tahu mengenai tanaman-tanaman tersebut, jika Anda adalah salah satunya silahkan simak 10 tanaman yang dapat panen sepanjang musim berikut ini.


1. Kopi
Kopi merupakan jenis tanaman yang bisa kita panen sepanjang tahun tanpa harus menunggu musiman tiba. di Jawa Barat komoditas ekspor kopi sangatlah menggiurkan. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil panen, kita harus menunggu kopi arabika berbuah minimal kurang lebih 4 tahunan.

2. Pala
Pala termasuk kedalam tanaman tahunan asli Indonesia. Selain sebagai tanaman tahunan, pala juga cukup terkenal sebagai tanaman rempah sejak abad 18. Bahkan sekarang ini Indonesia menjadi produsen pala terbesar diseluruh dunia sekitar 70 %.

3. Cengkeh
Sebagai tanaman rempah dan obat-obatan herbal, cengkeh sangatlah bermanfaat untuk menghasilkan minyak atsiri. Minyak inilah yang terkadang banyak digunakan dalam bidang farmasi dan makanan.

4. Durian
Inilah tanaman yang bisa kita panen kapan saja. Memang durian bisa dipanen kapan saja, tetapi untuk memanen durian yang matang kita harus menunggu sekitar 120-130 hari setelah munculnya bunga pertama.

5. Kelapa Sawit
Di Riau, komoditas perkebunan kelapa sawit cukup menjanjikan sekali. Selain bisa kita panen sepanjang musim, kepala sawit juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Sehingga banyak sekali para pebisnis yang menanamkan modal mereka untuk perkebunan kelapa sawit tersebut.

6. Teh
Berbicara mengenai tanaman yang bisa dipanen sepanjang musim, teh seakan tidak bisa tergantikan. Tanaman satu ini bisa Anda panen kapan saja, mulai dari musim semi sampai dengan musim gugur.

7. Cokelat
Cokelat merupakan jenis tanaman yang cukup menjanjikan, Indonesia sendiri sekarang sudah banyak melakukan ekspor cokelat ke luar negeri. Adapun tujuan ekspor cokelat Indonesia antara lain di negara China, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara besar lainnya.

8. Kayu Manis
Kayu Manis sangatlah bermanfaat untuk membuat sebuah masakan, mulai dari semur sampai dengan sup. Selain bermanfaat untuk memasak, kayu manis juga bisa kita panen setiap saat tanpa tergantung dari musiman.

9. Karet
Bisa dibilang pohon karet dapat kita panen setiap saat kapan pun dan dimana pun, cukup dengan menggores batang pohonya sedikit kita akan mendapatkan hasil panen pohon karet tersebut.

10. Pinang
Hampir mirip dengan kepala sawit, pinang juga telah banyak dikembangkan dalam dunia perkebunan tanah air. Kita pun bisa memanen tanaman satu ini kapan saja.

Itulah 10 tanaman yang dapat panen sepanjang musim. baca juga 10 tanaman yang cocok ditanam di musim kemarau


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tanaman yang Dapat Panen Sepanjang Musim