Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Selasa, 03 Juni 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : 15 Khasiat dan Manfaat Teh untuk Kesehatan

Sahabat pecinta tanaman obat herbal mungkin setiap hari kita ditemani oleh teh di pagi maupun siang hari, nah apakah kalian tahu manfaat dari teh untuk kesehatan ? pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai khasiat dan manfaat teh untuk kesehatan.


Ada berbagai kandungan kimia yang ditemukan dalam teh didapat dari tanaman " Camellia sinensis ". Kandungan kimia utama adalah sebagai berikut : Alkaloid, katekin, Fenolat (Polifenol), tannin, caffeine, thiamin, flavonoid. Selain itu, ada juga sejumlah kecil unsur lain seperti: Theophylline, theobromine, fluor, Aluminium. Sebagian  besar antioksidan yang terdapat dalam teh seperti flavonoid dan katekin dll. Katekin ditemukan terutama dalam teh hijau dan putih. Sedangkan karbohidrat, lemak dan protein tidak terdapat dalam teh.


1. Manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh secara teratur, tidak obesitas daripada orang yang sering tidak minum teh dalam hidup mereka. Kemudian terungkap bahwa antioksidan yang terdapat dalam teh mampu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh yang mengakibatkan penurunan berat badan. Teh hijau dianggap lebih efektif dalam hal ini karena kaya akan antioksidan. 5 cangkir asupan teh hijau dapat membakar kalori anda hampir 8-9 kalori setiap hari. Oleh karena itu Anda bisa mengurangi berat badan atau obesitas dalam beberapa bulan.

2. Manfaat teh sebagai antidepresan
Ini ditunjukkan oleh penelitian bahwa teh mengandung efek antagonis terhadap stres atau depresi, maka dari itu teh adalah antidepresan yang baik. Teh hitam juga dianggap efektif dalam pengertian ini karena mengurangi tingkat hormon " kortisol " yang dikenal sebagai " hormon stres " menurut " University College London ".

3. Teh dapat menyembuhkan bau mulut
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kandungan kimia bernama " fenolat " hadir dalam teh efektif untuk menghambat rasio pertumbuhan bakteri yang dianggap sebagai penyebab " bau mulut ". Jadi, teh adalah minuman yang efektif untuk mencegah masalah yang dikenal sebagai " bau mulut ".

4. Manfaat teh hijau untuk mengobati kulit terbakar
Teh hijau merupakan sumber yang baik dari menyembuhkan kulit terbakar matahari atau kulit yang rusak oleh sinar matahari. Sinar ultraviolet yang merusak kulit seperti UVA dan UVB adalah sinar yang sebenarnya yang menyebabkan photoaging dengan merusak kulit manusia. Teh hijau bila diterapkan pada kulit secara topikal, memberikan penyaringan atau memblokir efek pada kulit untuk sinar berbahaya.

5. Teh hijau meningkatkan kewaspadaan mental
Penelitian telah menunjukkan bahwa teh merupakan sumber yang baik untuk menciptakan kewaspadaan mental kepada orang-orang yang minum teh. Ini merangsang neurotransmitter dari SSP dengan cara yang positif mengarah ke pikiran waspada.

6. Teh baik untuk sistem kekebalan tubuh
Ini ditunjukkan oleh penelitian bahwa teh efektif untuk memicu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh adalah sistem utama tubuh yang mencegah dari serangan berbagai penyakit. Jadi, orang-orang yang minum teh secara teratur bisa mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga menghasilkan kesehatan yang lebih baik.

7. Teh sebagai pencegah Infeksi bakteri
Ini diungkapkan oleh "American Society For Microbiology ", bahwa teh merupakan sumber yang baik untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur. Bahkan, ini adalah ekstrak kimia diperoleh dengan teh sebenarnya yang membantu dalam mencegah beberapa jenis infeksi bakteri serta infeksi jamur. Ekstrak teh putih ditemukan untuk membantu dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh : Staphylococci, Streptococcus, pneumonia. Teh juga baik untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur seperti: Penicillium chrysogenum, Virus, Saccharomyces cerevisiae

8. Teh meningkatkan kekuatan fisik
Teh ditemukan menjadi sumber yang sangat baik untuk mendorong aktivitas fisik pada orang yang minum teh secara teratur. Studi menunjukkan bahwa kandungan kimia teh meningkatkan aktivitas atletik memberikan kewaspadaan fisik untuk atlet karena dapat menghangatkan tubuh.

9. Teh mengurangi risiko stroke
Pada tahun 2009, menurut studi dari " University Of California Los Angeles (UCLA) ", itu mengungkapkan bahwa teh (teh hitam / teh hijau) bisa menjadi sumber yang baik untuk mengurangi faktor risiko stroke pada orang-orang kebiasaan untuk mengambil teh. Jadi, teh dapat membantu untuk mencegah risiko stroke.

10. Teh memiliki efek antivenoms
Menurut penelitian, hal itu juga menunjukkan bahwa teh mengandung efek antivenome memiliki sifat antagonis terhadap venomes berbahaya serangga / reptil seperti ular dll ekstrak kimia teh hitam membantu memiliki properti ini khusus.

11. Teh hijau dapat mengurangi efek Infeksi HIV
Ini diungkapkan oleh penelitian medis pada teh yang mengurangi efek infeksi HIV . Tapi perlu untuk dicatat dalam konteks ini bahwa hal itu bukan alternatif perawatan medis dari infeksi tersebut namun hanya mendukung efek obat saja. Jadi teh hijau jika digunakan dalam waktu lama selama pengobatan dapat menaikkan efek dari perawatan.

12. Teh bagus untuk kesehatan jantung
Teh membantu mengurangi kadar " kolesterol jahat (LDL) ", karena melenyapkan efek buruk dari aterosklerosis mengakibatkan penurunan nilai tekanan darah tinggi ke keadaan normal. Jika sistem vaskular lebih baik, faktor risiko serangan jantung berkurang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teh baik untuk kesehatan jantung.

13. Efek antibiotik teh hijau
Teh hijau mengandung efek antibiotik karena  katekiin yang ditemukan dalam teh hijau yang merupakan jenis antioksidan. Penelitian mengungkapkan fakta bahwa katekin teh hijau melawan penyakit yang disebabkan oleh mikroba, maka itu teh adalah sumber efek antibiotik.

14. Teh sebagai antikanker
Berbagai studi dan penelitian telah dilakukan pada topik yang baik teh baik untuk pencegahan kanker atau tidak ! Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa teh hijau mengandung efek antikanker seperti sebagai kanker paru-paru, payudara dan prostat dll, namun studi kemudian " US Food & Drug Administration " mengungkapkan bahwa teh tidak banyak membantu dalam pencegahan kanker.

15. Teh pencegahan diabetes
Ini juga ditemukan oleh penelitian bahwa beberapa unsur kimia yang diekstrak dari teh bisa baik untuk diabetes. Khususnya, teh hijau dianggap banyak membantu bagi pasien yang menderita diabetes.
Nah semoga artikel mengenai 15 manfaat teh untuk kesehatan ini brmanfaat bagi anda. Jangan lupa like fanspage khasiat tanaman obat herbal agar tidak ketinggalan update informasi terbaru kami. Share artikel ini agar lebih bermanfaat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : 15 Khasiat dan Manfaat Teh untuk Kesehatan