Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Sabtu, 21 Juni 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Manfaat Tersembunyi Daun Pandan Wangi

Manfaat Tersembunyi Daun Pandan Wangi - Sahabat pecinta khasiat tanaman obat herbal disaat musim pancaroba atau pada saat peralihan dari musim hujan ke musim panas seperti saat ini banyak terjadi timbulnya berbagai penyakit. Diantaranya adalah salah satu penyakit yang berbahaya yaitu demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini dibawa oleh nyamuk Aedes Aegpyti .


Melihat kemungkinan adanya dampak negatif yang muncul yang ditimbulkan oleh Aedes aegpyti tersebut maka perlu dilakukan pengendalian. Bentuk pengendalian ini dapat dilakukan secara mekanik,biologik, maupun kimiawi atau sifat genetik. Pengendalian yang paling populer saat ini adalah pengendalian secara kimiawi menggunakan insektisida karena bekerjanya lebih efektif dan hasilnya lebih cepat terlihat bila dibandingkan pengendalian secara biologis. Namun hal ini memiliki dampak negatif antara lain pencemaran lingkungan, kematian predator, resistensi serangga sasaran, dapat membunuh hewan piaraan dan bahkan manusia.

Sehubungan dengan hal diatas maka perlu dilakukan suatu usaha untuk menggunakan insektisida alternatif yaitu menggunakan insektisida alami yang mampu menghasilkan racun yang dapat membunuh serangga namun tidak berbahaya bagi manusia.

Manfaat Tersembunyi Daun Pandan WangiBerdasarkan penelitian yang pernah dilakukan diperoleh informasi bahwa daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb) ternyata mengandung insektisida alami. Daun pandan wangi ini mengandung insektisida berupa saponin. Adanya senyawa saponin dalam daun pandan dibuktikan bahwa kandungan daun pandan wangi adalah senyawa pahit berupa polifenol, flavonoid, saponin, minyak atsiri dan alkaloid. Hasil dari penelitian tersebut diperoleh data bahwa daun pandan wangi dapat membunuh larva stadium dewasa Aedes aegpyti sehingga diperoleh kesimpulan bahwa daun pandan wangi dapat digunakan sebagai insektisida alami.

Cara menggunakan daun pandan wangi sebagai insektisida alami ini cukup sederhana sekali, yaitu cukup masukkan beberapa potong daun pandan wangi ke dalam bak mandi atau tempat-tempat yang tergenang yang sekiranya dapat untuk dijadikan tempat bertelur nyamuk Aedes aegpyti.


Nah semoga informasi mengenai manfaat tersembunyi dari daun pandan wangi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa like fanspage khasiat  tanaman obat herbal agar tidak ketinggalan update terbaru informasi-informasi unik tentang khasiat tanaman obat herbal. Jangan lupa share juga artikel ini agar lebih bermanfaat bagi orang di sekeliling anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Manfaat Tersembunyi Daun Pandan Wangi