Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Selasa, 30 Juni 2015

10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid

10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid - Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang sangat penting untuk tubuh kita. dikatakan penting, karena flavonoid dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan juga kerusakan pada bagian sel atau jaringan tubuh.
10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid
10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid
Mendapatkan senyawa flavonoid yang cukup, tidak perlu Anda mengonsumsi obat-obatan kimia. Karena beberapa tanaman di sekitar kita juga terbukti mengandung senyawa tersebut. berikut kami informasikan 10 tanaman dengan kandungan flavonoid cukup tinggi.

10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid

1. Tanaman kemangi
Kemangi sering digunakan sebagai lalapan dan bumbu masak, karena aromanya yang cukup khas. Selain itu ternyata kemangi juga mengandung senyawa flavonoid yang lumayan tinggi.

2. Tanaman serai
Serai merupakan tanaman herbal yang dikenal mengandung minyak atsiri, citronelal, dan masih banyak lagi. selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai ternyata juga mengandung senyawa antioksidan dalam bentuk flavonoid yang cukup tinggi.

3. Rumput mutiara
Rumput mutiara adalah tanaman herbal yang mengandung flavonoid glycosides yang cukup tinggi. manfaat dari rumput mutiara ada banyak sekali, antara lain mulai dari mengatasi demam, radang usus buntu, penyumbatan pada bagian sprma, dan masih banyak lagi.

4. Arbei
Kandungan senyawa antioksidan di dalam tanaman arbei cukup banyak dan lengkap. Kandungan antioksidan tersebut antara lain seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Mengonsumsi arbei secara rutin dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh.

5. Tanaman jarak
Tanaman jarak biasanya tumbu di persawahan dan tepian-tepian jalan. tanaman satu ini memiliki kandungan saponin dan flavonoid yang cukup tinggi. dipercaya tanaman jarak bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi, obat malaria, rematik, dan masih banyak lagi.
6. Jeruk nipis
Buah jeruk nipis memang sudah terkenal dengan kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan, namun lain halnya dengan daunnya. Daun jeruk nipis dipercaya mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi.

7. Sambiloto
Sambiloto tidak hanya mengandung senyawa flavonoid saja, tetapi tanaman satu ini juga bersifat antidiabetes. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda penderota penyakit gula atau diebetes.

8. Tanaman pandan
Tepat pada bagian daunnya,. Pandan mengandung beragam senyawa yang bersifat antioksidan. Kandungan senyawa antioksidan tersebut antara lain seperti saponin, polifenol, flavonoid, dan bahkan alkoida.

9. Labu siam
Labu siam tidak hanya mengandung senyawa flavonoid saja, tetapi herbal alami satu ini juga mengandung senyawa berkhasiat lainnya. kandungan tersebut antara lain seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.

10. Berry
Stwarberry, blueberry, blackberry, acai berry dan berry lainnya merupakan sumber flavonoid yang sangat tinggi. bahkan kandungan flavonoid dalam buah-buahan tersebut bisa dikatakan lebih besar dari pada herbal lainnya.

Itulah beberapa tanaman yang mengandung banyak flavonoid. Gunakan tanaman-tanaman tersebut secara rutin agar kandungan flavonoidnya bisa bekerja semakin maksimal.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tanaman yang Banyak Mengandung Flavonoid