Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Selasa, 13 Mei 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Waspadai Bahaya Rumput Fatimah (Labisa pumila)

Apakah kalian pernah mendengar sebelumnya mengenai tanaman tradisional yang berasal dari tanah Arab yaitu rumput Fatimah (Labisa pumila) atau  ada yang menyebutnya Patimah yang dalam bahasa arab Kaf Mariyam yang artinya telapak tangan Mariyam ? Tanaman ini sangat terkenal di negara asalnya yaitu Arab Saudi dan sekarang mulai masuk ke wilayah Asia termasuk Indonesia


Khasiat dari rumput Fatimah begitu beragam yaitu memperlancar persalinan, melancarkan menstruasi, meningkatkan hormone estrogen, mengobati diare dan melangsingkan badan, namun yang paling banyak dipercayai yaitu dapat memperlancar persalinan pada wanita yang akan melahirkan sehingga setiap ibu hamil penasaran ingin mencobanya, tanaman ini sering dijual oleh para penjual tanaman herbal.



Fakta mengenai khasiat rumput Fatimah berbeda jauh dengan pendapat yang selama ini banyak dibicarakan, penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 1988 mengungkapkan bahwa setelah mengkonsumsi rumput Fatimah terjadi kontraksi yang hebat pada bagian rahim sehingga menyebabkan pendarahan yang hebat. Reaksi ini terjadi akibat kandungan oksitosin yang ada dalam rumput Fatimah. Jika dilihat dari dunia medis penggunaan rumput Fatimah ini sangat tidak disarankan karena terlalu beresiko, dokter juga melarang penggunaan rumput Fatimah untuk melancarkan persalinan. 

Maka waspadalah jika akan mengkonsumsi obat tradisional termasuk jika akan menggunakan rumput Fatimah. Penggunaan rumput Fatimah ini cukup mudah yaitu hanya dengan cara direndam air kemudian diminum, namun saya sarankan anda tetap percaya dengan pengobatan secara medis walaupun banyak masyarakat umum yang mempercayai khasiat darirumput Fatimah ini. Jadi waspadailah produk-produk herbal yang berbahan dari rumput Fatimah terutama bagi ibu-ibu hamil.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Waspadai Bahaya Rumput Fatimah (Labisa pumila)