Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Senin, 18 Agustus 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Beragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Hai sahabat setia khasiat tanaman obat herbal sukakah anda makan buah kiwi? Ternyata dari beberapa fakta menyebutkan bahwa vitamin C pada buah kiwi sangat tinggi bahkan melebihi vitamin C yang terdapat pada buah jeruk. Nah vitamin C ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung agar tubuh tetap sehat dan bugar. Maka dari untuk mendapatkan vitamin C yang tinggi, buah kiwi bisa menjadi pilihan utama. Di balik rasa yang segar buah kiwi dan penampilannya yang menarik bagi mata yang melihat, buah kiwi ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi pada awalnya dikenal dengan sebutan  Chinese Gooseberry yang baru-baru ini diketahui memiliki vitamin C yang tinggi dibanding buah-buah lainnya termasuk buah jeruk.

Beragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan
buah kiwi


Sebuah penelitian terhadap daya serap buah kiwi oleh tubuh yang dilakukan di  University of Otago New Zealand diperoleh fakta bahwa buah yang banyak dihasilkan di New Zealand ini tidak hanya memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi, namun buah kiwi telah terbukti  lima kali lebih efektif diserap oleh tubuh dibandingkan buah yang lain. Bukti ini juga diperkuat dengan hasil uji praklinis yang dilakukan penelitian yang dilakukan di University of Otago New Zealand.

Hasil studi lain mengenai buah kiwi yang telah dipublikasikan secara online di American Journal of Clinical Nutrition untuk pertama kalinya pada Desember 2010 ini juga diperoleh fakta bahwa dosis vitamin C yang konstan (disarankan dikonsumsi harian) sangat diperlukan untuk mencapai tingkat vitamin C dalam tubuh secara maksimal , vitamin C tersebut dapat diperoleh dari konsumsi buah kiwi secara rutin.

Tanggapan senada juga diungkapkan oleh dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Fiastuti Witjaksono,. MS SpGK. dr.tuti menuturkan bahwa vitamin C sangat berperan penting dalam tubuh.  Diantara manfaat vitamin C, yaitu sebagai kofaktor dalam pembentukan kolagen dan berbagai hormon, serta sebagai antioksidan dan peningkat sistem imunitas tubuh untuk mencegah berbagai masuknya berbagai penyakit.

Namun perlu anda ketahui bahwa kadar vitamin C yang ada di dalam tubuh itu cepat mengalami penurunan, maka dari itu untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan asupan vitamin C rajin-rajinlah konsumsi buah kiwi, tutur dr. Tuti dalam sebuah acara Zespri Kiwifruits Media Workshop yang mengangkat tema Vitamin C dalam Zespri Kiwifruit yang berjudul 5 kali Lebih Efektif Diserap Tubuh yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Nah selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas td,buah kiwi juga kaya akan asam folat yang banyak bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, buah kiwi juga memiliki glikemik indeks bisa dibilang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena dengan mengonsumsi buah kiwi yang kaya serat itu secara teratur, dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sekaligus membantu menstabilkan kadar lemak dalam darah dan membantu anda merasa kenyang.


Semoga setelah membaca artikel mengenai beragam manfaat buah kiwi untuk kesehatan ini dapat menambah pengetahuan anda tentang buah kiwi. Jadi mulai sekarang tak usah ragu-ragu untuk mengkonsumsi buah kiwi sebagai sumber vitamin C bagi tubuh anda. Jangan lupa share ya ke teman-teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat. Salam sehat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Beragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan