Khasiat berbagai Tanaman Obat Herbal Nusantara

Jumat, 17 Oktober 2014

Khasiat Tanaman Obat Herbal : Manfaat Tersembunyi Rumput untuk Kesehatan


Rumput adalah jenis tanaman yang sering tumbuh di pekarangan rumah, kebun bahkan di pematang-pematang sawah. Rumput merupakan jenis tanaman pengganggu atau sering digolongkan sebagai tanaman hama yang merugikan. Berdasarkan definisi bahwa rumput adalah tanaman hama yang merugikan tersebut maka rumput biasanya hanya dibuang begitu saja bahkan dibakar. Namun bagi sebagian orang yang memiliki binatang ternak rumput masih dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang mudah didapat. Nah ternyata di negara India rumput selain sebagai pakan ternak, rumput juga memiliki manfaat tersembunyi untuk kesehatan. Pengobatan tradisional India atau yang lebih dikenal dengan Ayurveda menyebutkan bahawa tak jarang penduduk asli India menggunakan rumput sebagai obat tradsional. Rumput memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Tersembunyi Rumput untuk Kesehatan
Rumput
Berikut Manfaat Tersembunyi Rumput untuk Kesehatan :


1. Rumput segar yang ditumbuk kemudian setelah itu diseduh dalam gelas yang ditambahkan air panas bermanfaat sebagai obat anyang-anyangen dan kencing batu.

2. Seduhan rumput segar yang diminum juga bermanfaat  untuk mengobati beberapa penyakit seperti haid yang tidak lancar, obat keputihan alami, dapat memeperlancar buang air besar, membantu mempercepat pembekuan darah jika terjadi luka dan efeknya yang sedatif juga dapat digunakan sebagai obat penenang.

3. Rumput segar yang ditumbuk–tumbuk kemudian setelah halus dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk merangsang ASI pada ibu menyusui yaitu caranya dengan mengoleskan hasil tumbukan rumput segar tadi di sekitar payudara selama 15 menit yang dilakukan selama satu hari sekali sampai ASI keluar lancar.

4. Campuran rumput yang segar yang diracik dengan daun pegagan dan akar alang-alang mampu mempelancar proses buang air kecil yang tersendat atau keluar sedikit-sedikit.

5. Simplisia rumput segar atau rumput yang sudah di ekstrak menjadi bubuk kering ternyata dapat digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang dapat ditambahkan menthol agar lebih segar. Selain itu bubuk kering rumput dapat juga ditambahkan sedikit air dicairkan untuk digunakan sebagai obat oles berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, dan gatal-gatal.


Semoga setelah membaca Manfaat Tersembunyi Rumput untuk Kesehatan diatas apakah anda tertarik mencoba teman-teman ??? hehe.  Jangan lupa bantu share ya teman-teman agar lebih bermanfaat. Tetap ikuti Khasiat Tanaman Obat Herbal untuk dapatkan berbagai tips kesehatan terbaru. Salam sehat J


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Tanaman Obat Herbal : Manfaat Tersembunyi Rumput untuk Kesehatan